PENGENALAN dan PENGERTIAN GRAFIKA KOMPUTER
Definisi Grafika Komputer
Grafika Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Grafika komputer merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism). Grafika komputer bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb.
Menurut Suyoto (2003), grafika komputer (Computer Graphic) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar grafik atau citra realistik untuk seni, game komputer, foto dan film animasi. Sistem grafika komputer dapat dijalankan dengan komputer pribadi (Personal Computer) atau workstation. Pengertian grafik berbeda dengan image/citra, image merupakan gambar yang diperoleh dengan alat pengambil gambar, sperti kamera, scanner, dll. Sedangkan grafik adalah gambar yang dibuat dengan cara tertentu, yaitu cara yang ada di grafik komputer. Bidang grafik komputer mencakup area/bidang, film (spesial effects), industri dalam CAD (computer aided design) dan automated machining, visualisasi, permainan komputer, dan distribusi online.
Bidang Grafika Komputer
Mencapuk area/bidang:
1. Film (spesial effects)
2. Indrustri
CAD (Computer Aided Design)
Automated Machining
3. Visualisai
Data Ilmiah
Hasil Medik (scanning, X-ray, MRI)
4. Permainan Komputer
5. Distribusi Online
Tema Grafika Komputer
Ada tiga tema utama dalam grafika komputer :
Modeling, Animation, Rendering.
Sejarah Grafika Komputer
Perkembangan grafika komputer secara sederhana dapat dibagi menjadi empat fase,yaitu :
1. Fase Pertama (1950) era grafika komputer interaktif
- Tidak begitu cepat karena teknologi, jumlah dan harga komputer tidak mendukung.
Sudah menggunakan pena cahaya (light pen) yaitu sebuah alat input bentuknya seperti pensil yang digunakan untuk memilih posisi, menunjuk sesuatu dan menggambar pada layar
Telah ada alat pemrograman otomatis (Automatic Programming Tool)
MIT berhasil mengembangkan komputer whirlwind dengan tabung sinar katode (Cathode Ray Tube-CRT).
2. Fase Kedua (1960) Jaman Penelitian/Riset Grafika Komputer Interaktif
- Grafika interaktif modern telah ditemukan oleh Ivan Sutherland
Mengembangkan teknik interaktif dengan saranakeyboard dan pena cahaya
Design/Manufacturing (CAD/CAM) telah muncu
Sejumlah projek penelitian dan produk Computer Aided
3. Fase Ketiga (1970)
- Grafika komputer interaktif telah digunakan oleh sektor industri, pemerintah dan ilmuawan untuk memperbaiki kualitas desain produk secara cepat dan mudah.
4. Fase Keempat (1980-1990)
- Penelitian pada dekade ini bertumpu pada penggabungan dan pengotomasasian pelbagai unsur desain dan pemodelan pejal (solid modelling).
Teknologi hibrid mulai diperkenalkan. Teknologi ini berguna untuk penggabungan objek pejal dengan permukaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar