Sistem Koordinat
Dalam
geometris, sistem koordinat adalah suatu sistem yang menggunakan satu atau
lebih bilangan, atau coordinate, untuk secara unik menentukan suatu titik atau
unsur geometris lain pada manifold seperti ruang Euklides. Urutan koordinat adalah
signifikan, dan mereka kadang-kadang diidentifikasi oleh posisi mereka dalam
tuple dan kadang-kadang dengan huruf, seperti dalam "x-coordinate".
Koordinat diambil untuk menjadi bilangan real dalam matematika dasar, tetapi
mungkin bilangan kompleks atau elemen-elemen dari sistem yang lebih abstrak
seperti sebuah cincin komutatif. Penggunaan sistem koordinat memungkinkan
masalah dalam geometri untuk diterjemahkan ke dalam masalah-masalah tentang
angka dan sebaliknya; ini adalah dasar dari geometri analitis.
Ada dua
macam sistem koordinat :
- Cartesian
- Polar
Sistem koordinat Kartesius digunakan untuk menentukan tiap titik dalam bidang dengan
menggunakan dua bilangan yang biasa disebut koordinat x (absis) dan koordinat
y (ordinat) dari titik tersebut.
Untuk
mendefinisikan koordinat diperlukan dua garis berarah yang tegak lurus satu
sama lain (sumbu x dan sumbu y), dan panjang unit, yang dibuat tanda-tanda pada
kedua sumbu tersebut.
Sistem
koordinat Kartesius dapat pula digunakan pada dimensi-dimensi yang lebih
tinggi, seperti 3 dimensi, dengan menggunakan tiga sumbu (sumbu x, y, dan z).
Sistem koordinat
Kartesius disertai lingkaran merah yang berjari-jari 2 yang berpusat pada titik
asal (0,0). Persamaan lingkaran merah ini adalah x² + y² = 4.
Dengan
menggunakan sistem koordinat Kartesius, bentuk-bentuk geometri seperti kurva dapat diekspresikan dengan persamaan
aljabar. Sebagai contoh, lingkaran yang berjari-jari 2 dapat diekspresikan
dengan persamaan x² + y² = 4 .
Sistem
koordinat polar atau disebut juga coordinate kutub.Koordinate polar menujukan
letak suatu titik berdasarkan sudut terhadap sumbu X positif dan jarak dari
titik pusat.
pada
gambar diatas posisi titik P ditulis dalam dua coordinate yaitu coordinate
cartesius (x,y) dan coordinate polar (r,a) . coordinate kartesius (x,y)
menunjukan posisi titik tersebut relatif terhadap sumbu X dan sumbu Y,
sedangkan koordiante polar terdiri atas r yang menunjukan jarak titik tersebut
terhadap titik pusat O dan sudut a menunjukan sudut yang dibentukoleh ruas
garis OP terhadap sumbu X positif.
Sistem
Koordinat juga dapat dibagi menjadi dua macam bergantung kepada situasi :
World
Coordinate (wc)
Sistem Koordinate untuk menyatakan
lokasi benda di “dunia”
Screen
Coordinate (sc)
Sistem Koordinat untuk menyatakan lokasi
titik di layar.
World
Coordinate mempunyai batas -~sampai dengan +~ untuk sumbu x dan y
Apabila
area yang dilihat pada world coordinat dibatasi pada area tertentu maka area
tersebudinamakan window.
Screen
Coordinate menggunakan orientasi sumbu y yang berbeda dengan World Coordinate.
Screen
Coordinate hanya menggunakan nilai positif untuk sumbu x dan y dan titik (0,0)
terletak di pojok kiri atas.
Batas
maksimal pada sumbu x = Xmax dan batas maksimal pada sumbu y = Ymax
Tidak ada komentar:
Posting Komentar