Minggu, 14 Juli 2019

Kumpas Tuntas WhatsApp



WhatsApp/WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat diunduh secara gratis dan didesain khusus untuk pemilik bisnis kecil. Dengan aplikasi ini, para pemilik bisnis dapat berinteraksi dengan pelanggan secara mudah menggunakan fitur-fitur untuk mengautomasi, menyortir, dan menjawab pesan secara cepat. WhatsApp dapat membantu Anda menyediakan dukungan pelanggan dan mengirim pemberitahuan penting ke pelanggan Anda.
Lebih dari 1 miliar orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, kapan saja dan di mana saja. WhatsApp gratis dan menawarkan kemampuan mengirim pesan dan melakukan panggilan yang sederhana, aman, dan reliabel, yang tersedia untuk telepon di seluruh dunia.





1.    Sejarah WhatsApp
Dikutip dari dailysocial.id, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009, berarti sekarang WhatsApp sudah menginjak usia keenam. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang pernah bekerja sebagai pegawai Yahoo. Bermodalkan tabungan sebesar $400.000 yang diperoleh selama bekerja di sana, Koum mengunjungi temannya, Alex Fishman untuk berdiskusi mengenai App Store yang kala itu baru berusia 7 bulan, Koum merasa toko ini menyimpan potensi. Fishman kemudian membantu Koum mencarikan pengembang aplikasi iPhone bernama Igor Solomennikov yang berasal dari Rusia.
Tapi meskipun WhatsApp Inc telah berdiri, aplikasi WhatsApp sendiri masih jauh dari beres. Dalam beberapa percobaan, WhatsApp mengalami crash dan gagal berjalan seperti yang diharapkan. Putus asa, Koum berniat menutup perusahaannya dan mencari pekerjaan lain. Namun Brian Acton mendorongnya untuk tetap bertahan beberapa bulan lagi. Pada akhirnya setelah melewati fase beta yang cukup panjang, pada bulan November 2009, WhatsApp resmi memulai kiprahnya di App Store. Sebelumnya, Koum telah membujuk Acton dan lima mantan pegawai Yahoo! lainnya untuk berinvestasi. Setelah mengunjungi App Store, pada bulan Januari 2010 WhatsApp mengembara ke BlackBerry Store dan disusul Android pada bulan Agustus.
Meskipun statusnya telah diubah dari gratis ke berbayar, popularitas WhatsApp tetap melesat cepat di hampir semua platform. Per Februari 2013 pengguna aktif WhatsApp meledak di angka 200 juta. Angka ini membengkak dua kali lipat pada bulan Desember dan naik lagi menjadi 500 juta pada bulan April 2014. Dan per September 2015, pengguna aktif WhatsApp tercatat sebanyak 900 juta.
Pesatnya pertumbuhan itulah yang membuat Facebook tergila-gila pada WhatsApp. Gayung bersambut, WhatsApp Inc menerima pinangan Facebook dengan mahar sebesar $19 miliar. Pasca berganti bendera, Facebook tidak melakukan banyak perubahan pada WhatsApp, tetap dipatok banderol per tahun dan tanpa iklan. Tidak seperti yang ditakutkan oleh banyak orang.
2.    Proses Bisnis
Sebagai seseorang yang menjalankan sebuah bisnis, kamu tentu berhak untuk mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi alasan kamu menggunakan WhatsApp sebagai sebuah tool untuk meningkatkan kualitas bisnismu.
Dengan cakupan yang begitu luas serta pengguna yang begitu aktif, bukan tidak mungkin dengan menggunakan WhatsApp, kamu akan mengembangkan sayap bisnismu ke pasar yang lebih luas lagi. Inilah yang membuat WhatsApp Business menjadi tool yang wajib untuk kamu manfaatkan dalam pengembangan bisnis.
Pada kolom profil di WhatsApp Business, Anda dapat memilih kategori yang sudah terdaftar. Jika kategori bisnis tidak ada yang sesuai, pilih "others". Sementara pada WhatsApp Messanger, tidak terdapat fitur ini. Hal tersebut tentunya dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang sedang Anda jalankan.
WhatsApp Business juga mendukung percakapan antar pengguna, baik melalui teks maupun multimedia. Tetapi tidak hanya itu, WhatsApp Business juga memiliki beberapa fungsi bisnis yang terintegrasi di dalamnya, seperti:
  1. Profil Bisnis, yang berisikan nama badan usaha, alamat, nomor yang bisa dikontak, serta profil melalui situs web yang kamu miliki.
  2. Statistik, yang berisikan pesan yang kamu kirim, baca, dan terima.
  3. Pesan nonaktif, yang dapat kamu gunakan sebagai template ketika kamu tidak bisa membalas langsung pesan dari konsumen.
  4. Pesan sapaan, berisi pesan yang kamu gunakan untuk menyapa konsumen ketika mereka pertama kali terhubung denganmu.
  5. Respons cepat, dimana kamu bisa menggunakan pesan-pesan ini untuk menjawab berbagai topik yang sering ditanyakan oleh konsumen. Anggaplah ini seperti jawaban dari FAQ (Frequently Asked Questions).
Agar akun WhatsApp Business tidak dipalsukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, kamu dapat menjalani proses verifikasi agar untuk membuktikan bahwa akun yang kamu kelola adalah asli dan bukan buatan orang lain.
Untuk mendapatkan verifikasi dari WhatsApp Business, kamu harus mengisi seluruh informasi dari bisnis, termasuk alamat dan nomor telepon bisnis yang kamu kelola agar WhatsApp dapat melakukan verifikasi.
Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, kamu dapat melakukan banyak hal untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh bisnismu, antara lain:
a.       Promosi dan demonstrasi produk
b.      Sebagai layanan pengguna yang bersifat real-time
c.       Membagikan kode promo, program sale, dan giveaway
d.      Integrasi dengan produk
e.       Mengadakan jajak pendapat untuk pengembangan produk


3.    Fitur-Fitur WhatsApp

a.       Pesan, Pesan Reliabel, Sederhana
Kirim pesan ke teman dan keluarga secara gratis*. WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon Anda untuk mengirim pesan agar Anda dapat menghindari biaya SMS.
b.      Chat Grup, Tetap terhubung dengan Grup
Tetap terhubung dengan orang-orang yang penting bagi Anda, seperti keluarga atau rekan kerja Anda. Dengan chat grup, Anda dapat membagikan pesan, foto, dan video hingga 256 orang sekaligus. Anda juga dapat memberi nama grup, membisukan, atau menyesuaikan pemberitahuan, dan masih banyak lagi.
c.       WhatsApp di Web dan Desktop, Membuat Pembicaraan Terus Berjalan
Dengan WhatsApp di web dan desktop, Anda dapat dengan lancar menyinkronkan semua chat ke komputer Anda agar Anda dapat chat pada perangkat apa pun yang paling nyaman untuk Anda.

d.      Panggilan Suara dan Video WhatsApp, Berbicara dengan Gratis
Dengan panggilan suara, Anda dapat berbicara dengan teman dan keluarga secara gratis*, bahkan jika mereka berada di negara lain. Dan dengan panggilan video gratis*, Anda dapat melakukan pembicaraan tatap muka saat suara atau teks saja tidak cukup. Panggilan suara dan video WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon, bukan dengan menit panggilan paket seluler Anda, jadi Anda tidak perlu khawatir akan biaya panggilan yang mahal.
e.       Enkripsi end-to-end, Keamanan Secara Default
Sebagian momen pribadi Anda dibagikan di WhatsApp, oleh karena itu kami membangun enkripsi end-to-end ke versi terbaru aplikasi kami. Ketika terenkripsi end-to-end, pesan dan panggilan Anda diamankan, jadi hanya Anda dan orang yang berkomunikasi dengan Anda saja yang dapat membaca pesan atau mendengar panggilan tersebut, dan tidak ada orang di antaranya, bahkan WhatsApp.
f.        Foto dan Video, Membagikan Momen yang Penting
Mengirim foto dan video di WhatsApp dengan segera. Anda bahkan dapat menangkap momen yang penting bagi Anda dengan kamera bawaan. Dengan WhatsApp, foto dan video akan dikirim dengan cepat meskipun Anda sedang berada dalam koneksi yang lambat.
g.      Pesan Suara, Katakan yang Ada di Pikiran Anda
Kadang kala, suara Anda dapat mengatakan segalanya. Hanya dengan satu ketukan, Anda dapat merekam Pesan Suara, sempurna untuk hanya menyapa atau pun bercerita panjang.
h.      Dokumen, Membagikan Dokumen dengan Mudah
Mengirim PDF, dokumen, spreadsheet, slideshow, dan masih banyak lagi, tanpa repot menggunakan email atau aplikasi berbagi file. Anda dapat mengirim dokumen dengan ukuran hingga 100 MB yang akan memudahkan Anda untuk membagikan hal yang Anda perlu bagikan ke orang yang Anda inginkan.
4.    Kelebihan WhatsApp dari Aplikasi Lain

Salah satu layanan chat yang paling banyak digunankan saat ini adalah Whatsapp. Di Indonesia sendiri,hampir 40% penduduknya menggunakan Whatsapp sebagai sarana komunikasi. Whatsapp menjadi aplikasi yang paling banyak didownload oleh semua kalangan di Indonesia. Sebut saja anak-anak, remaja, hingga orang tua memilih aplikasi ini sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga, hingga rekan kerja.

WhatsApp mempunyai kelebihan antara lain:
a)      Interface yang simpel, mudah dipahami dan hemat data internet
Siapapun yang pertama kali menggunakan aplikasi Whatsapp pasti akan dapat menggunakannya dengan baik. Baik itu orang tua maupun anak-anak.  Sebab, aplikasi ini memiliki interface yang simpel dan memang mudah dipahami. Inilah faktor paling utama alasan menggunakan Whatsapp.
Selain itu,aplikasi Whatsapp tidak memuat banyak media (gambar,video,dsb) kecuali yang anda unduh,sehingga sngat ringan, hemat baterai, dan dapat menghemat data internet kalian. Sebab aplikasi Whatsapp sangat simpel tidak seperti apilkasi chat lainnya.
b)      Pengganti SMS yang praktis
Walau pada dasarnya semua aplikasi chat berfungsi untuk menggantikan peran sms,Whatsapp punya nilai lebih. Nilai lebih yang dimaksud adalah kita tidak perlu susah-susah mencari ID atau PIN kontak yang akan memakan waktu. Coba lihat di aplikasi lain yang penggunanya sering menggunakan ID yang aneh-aneh,di Whatsapp tidak karena kontak yang ada sesuai dengan kontak di HP kita. Dengan WhatsApp, cukup ketik nama yang kita simpan di daftar kontak, maka kontak akan dengan mudah ditemukan.
c)      Tersinkron dengan nomor di kontak telepon/HP
Kembali pada poin sebelumnya,kontak di HP kita akan langsung tersinkron dengan kontak. Whatsapp. Hal ini tentunya apabila kontak yang bersangkutan juga memiliki akun Whatsapp. Dengan adanya sinkron seperti ini,sangat memudahkan kita saat bertukar nomor telepon dengan orang lain. Karena secara otomatis sistem Whatsapp akan memasukkan nomor telepon orang tersebut ke daftar kontak WhatsApp kita.

d)      Tidak Memakan banyak RAM
Kalau ini sudah tidak diragukan lagi. Whatsapp membutuhkan RAM yang tidak banyak sehingga sangat jarang aplikasi ini macet ataupun crash. Aplikasi ini bahkan masih dapat di pasang di ponsel android bersistem operasi GinggerBeard dan RAM hanya berukuran 256MB saja. Menarik bukan?
e)      Gratis dan tidak ada iklan
Ini salah satu alasan yang mungkin banyak orang rasakan saat memutuskan untuk menggunakan Whatsapp. Fitur-fiturnya semua gratis karena memang fiturnya tidak terlalu banyak. Berbeda dengan beberapa aplikasi chat lainnya yang diharuskan untuk membayar untuk mengunlock suatu fitur.
f)       Privasi Terjaga, aman dari peretasan
Kita dapat mengatur sendiri settingan privasi akun Whatsapp kita. Mulai dari privasi status,foto profil,bahkan status last seen kita. Selain itu,akun kita juga aman dari ancaman peretasan karena ada fitur enkripsi end-to-end. Ketika terenkripsi secara end-to-end, pesan-pesan, foto, video, pesan suara, dokumen, pembaruan status dan panggilan Anda diamankan dari kemungkinan jatuh ke tangan yang salah. Maksudnya adalah hanya antara kita dan orang yang berhubungan dengan kita saja yang dapat mengakses hal-hal yang ada didalam
g)      Panggilan Video Lebih Stabil
Kalau fitur Video Call seperti ini sudah menjadi fitur umum yang ada di aplikasi-aplikasi chatting sejenis. Kualitasnya juga tidak jauh berbeda. Namun di  jika dibanding dengan panggilan video milik aplikasi sejenis tersendat-sendat tidak jelas,Whatsapp tentu lebih baik meskipun digunakan di jaringan 3G sekalipun.


h)      WhatsApp Web, cara Dual Clone Akun Whatsapp
Salah satu kelebihan dari Whatsapp adalah dia bisa dipakai di 2 perangkat. Kalian bisa pakai di HP kalian dan jua di situs web Whatsapp. Ini bisa jadi solusi apabila HP kalian lowbatt dan tidak sempat mengisi ulang,tetapi harus membuka Whatsapp. Kalian cukup pindai QR Code yang ada di web,maka secara otomatis data-data Whatsapp kalian akan terpampang di website Whatsapp.


Download File

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Audit Teknologi Informasi

Audit Teknologi Informasi Audit teknologi informasi ( information technology (IT) audit atau information systems (IS) audit ) adalah ...